SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

Land Of Hope and Glory – Sebuah Lagu Patriotik dari daratan Inggris

Leave a comment

Land of Hope and Glory

Bisa dibilang ini adalah postingan paling katrok yang pernah saya buat. Yap,  pada postingan kali ini saya akan menulis sebuah kisah dimana saya menemukan lagu yang saya inginkan di internet. Kenapa saya tulis, karena menurut saya proses untuk menemukan lagu yang saya maksudkan tersebut bisa dibilang cukup menarik.

Hal ini bermula ketika saya menonton film dokumenter BBC yang berjudul Apocalypse : The Second World War. Pada saat scene 2/6 yaitu “Crushing Defeat” , tepat nya dibagian permulaan battle of britain. Saat itu ditayangkan pidato perdana menteri inggris yaitu Winston Churchill yang terkenal itu, nah pada pembacaan pidato-nya Winston Churcill di film itu diiringi sebuah lagu/soundtrack/theme song yang kalau saya bilang cocok banget dengan kondisi masyarakat inggris saat itu dimana penduduk inggris sedang melakukan mobilisasi guna menghadapi serbuan tentara jerman, plus ditambah pidato nya Winston Churcill yang memang sangat patriotik. Seperti biasanya saya pun kemudian mulai mantengin “credit title” di bagian akhir film tersebut. Namun sayang seribu sayang ternyata judul lagu yang saya maksudkan tidak tercantum dibagian itu. Malahan kemudian saya mendapatkan music score dari film itu yang ternyata dibuat oleh komposer kenamaan jepang yaitu kenji kawai. Di album music score tersebut tidak memuat theme song yang saya maksudan tadi, karena memang album itu berisikan semua aransemen musik yang dibuat oleh Kenji Kawai untuk film dokumenter tersebut.

Lama saya mencari di mbah google, berbagai unsur kata saya masukkan di mesin pencari tersebut seperti misalnya “English patriotic song”, “English patriotic song winston churchill”, atau bahkan “English song Winston Churchill battle of britain apocalypse”. Namun hasilnya tetep nihil, lagu yang saya maksud tidak ketemu-ketemu. Pencarian saya kemudian ketemu secara tidak sengaja, yaitu ketika saya sedang mencari video menarik di Youtube. Dan kata kunci saya masukkan tidak ada hubungannya dengan “english” ataupun “battle” atau bahkan “winston churchill”. Kata yang saya masukkan adalah “MIKO GANGNAM STYLE”😀, jauhh banget bukann. Ya, tapi dengan kata kunci itu saya kemudian menemukan apa yang saya cari-cari sebelumnya. Nah, ketika saya masukkan kata kunci tersebut, video yang kemudian muncul adalah pada urutan pertama video dari film nya Raditya dika yaitu Malam Minggu Miko yang kebetulan ada pengunggah yang memberi judul videonya dengan tulisan “MIKO GANGNAM STYLE”. Di urutan kedua dengan judul yang masih sama yaitu “MIKO GANGNAM STYLE” juga tapi ternyata beda pengunggah dan beda video. Video yang kedua ini ternyata memfilmkan tentang kegiatan MIKO – MIss Korea (semacam ajang putri-putrian korea begitu), dimana ada adegan mereka melakukan joget gangnam yang heboh di tahun 2012 itu. Singkat cerita di video tersebut ada musik latar yang persis dengan musik yang saya cari-cari selama ini. Namun perjuangan saya belum selesai, karena di video itu juga tidak diberikan keterangan judul musik tersebut. akhirnya saya pun menulis di kolom komentar dan menanyakan lagu apakah gerangan. Voila, tidak sampai satu minggu, ada orang yang membalas komentar saya tersebut dan memberikan judul lagu yang saya cari tersebut. Ternyata lagu  itu berjudul “Pomp & Circumstances March No.1 yang disusun oleh Sir Edward Elgar.

Segera saya masukkan kata kunci tersebut di Youtube dan Google, lagu yang saya cari sekian lama pun ketemu dalam waktu kurang dari 1 detik😀. Selidik punya selidik, usut punya usut ternyata lagu ini bukan sembarang lagu lho. Judul lagu ini adalah “Pomp and Circumstances March No.1” dan didalam lagu ini disisipkan lagu lain yaitu “Land Of Hope and Glory”. Nah, bagian dari Land of Hope and Glory inilah yang saya dengar waktu menonton tayangan BBC-Apocalypse tersebut. Ternyata lagu ini (Land of Hope and Glory) sedang diusulkan untuk menjadi lagu nasional negara inggris. Lho, bukannya Inggris sudah punya lagu kebangsaan?? Nah inilah yang baru saya tahu kemudian, kalau ternyata lagu kebangsaan inggris selama ini yaitu “God Save The Queen” adalah lagu kebangsaan inggris raya atau United Kingdom dan bukan punya Inggris. Sehingga di event-event besar biasanya bukan lagu God Save The Queen yang dikumandangkan melainkan lagu lain termasuk Land Of Hope and Glory ini.

Berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh sebuah lembaga survey di inggris untuk memilih sebuah lagu nasional, lagu Land Of Hope and Glory menempati urutan kedua yang dipilih oleh sejumlah responden untuk dijadikan sebuah lagu nasional. Polling tersebut bisa dilihat disini. Lebih  dari 82% responden menyatakan bahwa inggris sebaiknya memiliki lagu kebangsaan lain selain “God Save The Queen”. Oya, satu hal lain yang menarik pada survei tersebut adalah ternyata lagu “You’ll Never Walk Alone” juga masuk kandidat sebagai lagu nasional, bagi para penggemar klub sepak bola Liverpool, tentunya lagu ini sudah tidak asing lagi karena menjadi lagu wajib yang dinyanyikan oleh para supporter Liverpool😀 diseluruh dunia. Lagu Land of Hope and Glory juga dinyanyikan di acara graduate sekolah-sekolah di Amerika Serikat. Berikut adalah petikan sebagian teks dari lagu ini (diambil dari wikipedia)

Land of Hope and Glory, Mother of the Free,
How shall we extol thee, who are born of thee?
Wider still and wider shall thy bounds be set;
God, who made thee mighty, make thee mightier yet,
God, who made thee mighty, make thee mightier yet.  

Bagi yang ingin menonton orkestra dari lagu ini bisa via streaming video youtube di bawah ini.

Cuplikan dari lagu ini kemudian saya pasang menjadi theme song di blog saya ini😀.

Bagi yang ingin mendapatkan lagu ini bisa mengunduhnya disini

Leave a Reply

