SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

5th Generation Fighter

Leave a comment

Penempur generasi ke 5

Hampir sebulan yang lalu, China baru saja menerbangkan pesawat tempur generasi ke -5 nya yaitu Chengdu  J-20. Penerbangan ini tentunya menyita perhatian dunia, karena negeri tirai bambu ini berarti telah menyamai 2 negara yang maju di bidang militer nya yaitu AS dan Rusia. Bila ditilik dari bentuk fisik nya, maka J20 ini tidaklah jauh berbeda dengan pesawat generasi  ke 5 lainnya yaitu F22 raptor dan PAK-FA. Dengan ciri khas utama nya yang anti terdeteksi radar alias stealth. Namun kalau dilihat secara lebih mendetil maka, perbedaan terdapat pada penggunaan sayap canard dan fisik nya yang sedikit lebih besar dibanding para pesaingnya.

Saya sendiri menilainya pesawat ini seperti gabungan antara F22 dengan PAK-FA, dimana dibagian depan mirip dengan F22 dan pada bagian belakangnya lebih condong ke PAK-FA. Bahkan pada milist di internet ada yang sempat bergurau bahwa para ilmuwan negeri bambu dalam membuat pesawat ini mencontek gambar – gambar F22 dan PAK-FA yang beredar di internet ( hanya intermezzo😀 ). Tentunya apa yang dilakukan oleh China ini tidaklah dapat dianggap remeh, karena untuk membuat sebuah pesawat tempur generasi ke -5  membutuhkan riset dan waktu yang sangat panjang. Pesawat tempur generasi kelima memilki ciri utama, yaitu harus memiliki kemampuan untuk menghilang dari radar sebaik mungkin alias stealth. Pesawat – pesawat ini dibuat untuk menggantikan pesawat generasi ke 4 – 4.5 seperti F-15, SU-27,SU-33 dan lain-lain. AS dan Uni Soviet telah merencanakan program pesawat tempur generasi kelima nya pada medio 80-an.

Amerika serikat sendiri memulai program pesawat tempur generasi ke 5 nya mulai akhir 80-an. Diawali dengan tender dari pemerintah, maka pada saat itu terdapat dua kompetitor kuat yang akan bersaing dalam proyek pesawat tempur ini yaitu dari Lockheed Martin dan Northorp/McDonnell Douglas.  Lockheed muncul dengan pesawatnya yaitu YF-22 ( cikal bakal F22 sekarang ) dan Northorp-MD dengan YF-23 nya. Pada akhirnya yang terpilih sebagai pesawat tempur generasi ke 5 adalah YF 22. YF 22 sendiri kemudian berubah menjadi F22 raptor yang kita kenal sekarang. Pesawat ini mulai terbang pertama kali sekitar tahun 1997 dan baru masuk dinas operasional pada tahun 2006. Sampai saat ini, F22 merupakan satu-satu nya pesawat tempur generasi ke -5 yang telah masuk dinas operasional.  Selain F-22, ada juga F-35 lightning II yang merupakan pesawat generasi kelima dimana pengerjaan pesawatnya merupakan proyek gabungan antara perusahaan amerika ( Lockheed martin ) dengan perusahaan Inggris dan eropa lainnya. Pesaawat ini lebih dikenal dengan istilah JSF ( Joint Strike Fighter ) dan memiliki kemampuan VTOL seperti layaknya AV-8B Harrier.

F22 Raptor

F22 Raptor

Rusia sendiri baru mulai bergeliat lagi dengan meluncurkan pesawat tempur generasi ke 5 nya pada tahun 2010. Yaitu melalui Sukhoi PAK-FA nya, bisa dimaklumi kenapa rusia dapat dibilang terlambat jika dibanding rival abadi nya ( AS, red ). Semua itu tentu karena alasan keuangan, tentunya semua orang tahu bahwa pecahnya negeri Uni Soviet sangat berimbas pada perekonomian negeri tersebut.  Kalau pada era perang dingin dahulu, kekuatan militer Uni Soviet sangatlah ditakuti di negara-negara kawasan NATO namun setelah pecah menjadi beberapa negara maka kedigdayaan tersebut seolah hilang tak berbekas. Runtuhnya Uni Soviet kedalam beberapa negara membuat kekuatan militer yang dahulu berjaya, menjadi dipecah-pecah ke negara-negara pecahan Uni Soviet. Memburuknya perekonomian memperparah keadaan tersebut, sehingga bisa dibilang Rusia ( pecahan Soviet paling besar ) menjadi “elang tanpa taji”. Memasuki millenium baru, perekonomian Russia mulai membaik. Program pesawat tempur generasi ke 5 pun kembali digalakkan. 2 buah perusahaan terkenal di Rusia yaitu MiG dan Sukhoi ikut ambil bagian dalam program ini. Sukhoi mengembangkan pesawat PAK-FA ( Prospective Airborne Complex – Frontline Aviation ), dan MiG mengembangkan pesawat dengan seri MiG 1.44 ( namun dibatalkan ). Pada awal 2010, prototipe PAK-FA yang pertama berhasil mengudara. Hal ini menandai bangkitnya militer Rusia setelah tertidur cukup panjang.

Sukhoi PAK-FA

Sukhoi PAK-FA

Cina sebagai kekuatan baru dunia, tak kalah ikut mengembangkan pesawat tempur generasi ke 5 nya. Cina mulai diketahui sedang mengembangkan pesawat generasi kelima nya sekitar akhir periode 90-an. Menjelang akhir tahun 2010, Cina terlihat sedang menguji coba pesawat terbaru nya. Walau hanya sebatas uji taxiing, namun hal ini menunjukkan bahwa kekuatan negeri tirai bambu ini tidak bisa dianggap remeh. Pesawat-pesawat “made in china” ini dibuat oleh Chengdu Aircraft Industries. Pesawat pertama keluaran dari pabrik ini adalah Chengdu J-7 yang merupakan MiG 21 buatan China. Selanjutnya pabrik ini terus berkembang dengan menghasilkan pesawat – pesawat canggih seperti  J-10 yang sekilas merupakan perpaduan antara Eurofighter dengan F-16. Hingga yang terbaru saat ini yaitu J-20 yang memiliki platform stealth dan dapat disejajarkan dengan F-22 dan PAK –FA.

Chengdu J-20

Chengdu J-20

Dengan adanya hal ini maka terlihat bahwa kekuatan militer saat ini tidak hanya dimonopoli oleh dua pihak saja ( AS dan Rusia ), namun juga negara-negara lain juga ikut mengembangkan peralatan militer dengan teknologi canggih. Seperti diketahui bahwa negara-negara seperti India, Korea,  dan Jepang juga sedang mengembangkan pesawat tempur generasi kelima mereka. Yang menarik untuk disimak adalah mengenai pengembangan penempur generasi kelima korea selatan, yaitu KF-X. Program KF-X ini adalah program gabungan antara perusahaan pesawat militer Korea selatan (KAI ) dengan PT. Dirgantara Indonesia. Dimana pengerjaan nya merupakan share sebesar 60 : 20 yaitu 60 pemerintah korea selatan dan 20 Indonesia sedangkan sisanya dipegang konsorsium korea selatan ( CMIIW ).  Semoga dengan adanya program ini, maka diharapkan negara kita juga ikut kecipratan penggunaan teknologi canggih yang diterapkan pada pesawat tempur di masa mendatang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s