SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

KKN 24 : Karanggeneng Crew

4 Comments

KKN 24 SUB – UNIT KARANGGENENG

Tulisan ini hanya untuk kesenangan semata, dan tidak bermaksud untuk memojokkan, menghina, menghasut, mencela pihak – pihak yang ada disini…..Just For Laugh, and enjoy it !!!

Didedikasikan untuk seluruh anggota KKN 24 pada umumnya, dan Sub-Unit Karanggeneng pada khususnya


Karanggeneng’s Crew

Seperti yang udah gw sampein sebelumnya, jadi sekitar bulan july sampai agustus gw akan mengikuti kegiatan KKN untuk mengisi waktu liburan selama 2 bulan penuh. KKN gw ada di belakang terminal JOMBOR ( sekitar 5 menit dari kosan di pogung ). Dan gw dikasi lokasi di sub-unit Karanggeneng. Di Karanggeneng ini gw akan bergabung bersama teman – teman gw yang berasal dari jurusan – jurusan lain. Jumlah anggota TIM Karanggeneng terdiri atas 6 orang anak laki – laki dan 5 Perempuan. Jadi totalnya kita ber – 11 di karanggeneng ini. Seperti yang udah gw jelasin juga di blog sebelumnya, yaitu kita bersebelas terdiri dari 5 jurusan yang berbeda – beda, yaitu 5 orang Elektro, 2 orang Sipil, 2 orang Ekonomi,  1 orang Farmasi, dan 1 orang Pertanian. Disini kita memiliki watak dan kebiasaan yang berbeda – beda serta aneh – aneh PULA……sangat kompleks,

Foto resmi awak Karanggeneng

Foto resmi awak Karanggeneng

mari gw kenalkan satu – persatu anggota dari TIM KKN Karanggeneng ini.

1.  Tito

Nama lengkapnya adalah Tito Maulana, dia adalah kormasit ( Koordinator Mahasiswa Tk.Sub- Unit ) di Karanggeneng ini. Jadi dia harus mampu untuk mengayomi dan mengawasi tingkah polah anggota KKN nya. Tito merupakan teman satu jurusan gw sejak tahun pertama dulu, jadi kita sudah saling kenal sejak lama sebelum KKN ini dimulai. Tugas Tito sebagai kormasit, bisa gw bilang sangat berat. Karena sebagai kormasit, kita harus dituntut untuk mampu bertanggung jawab atas kelakuan anak buah nya dan tanggung jawab terhadap terlaksana atau tidaknya kegiatan di dukuh tersebut. Maka bisa dibilang Tito adalah Ketua ADAT di Karanggeneng ini. Setelah KKN ini berakhir, klo gw bilang dia sudah berhasil menjalankan TUGAS nya dengan baik sebagai KORMASIT, dua kata buat kaw bro…..WELL DONE !! Satu lagi kelebihan Tito adalah yaitu, selain mampu mengayomi anak buah nya saat KKN ternyata Ia juga sangat JAGO dalam FESTIVAL ADU BALAP “TRUCK”….ya si Tito adalah jawara dalam hal MENDENGKUR di kalangan anak laki – laki saat KKN

Pak Kormasit bersama pembicara dalam acara penyuluhan KB

Pak Kormasit bersama pembicara dalam acara penyuluhan KB

2.  Pulung

Yah, PULUNG….nama dia udah sering gw sebut di blog INI. Gmn enggak dia adalah sobat gw dari 6 taon yang lalu ( itu yang dia tulis waktu nulis kesan dan pesan selama KKN ini ), dan dia satu sub – unit KKN pula dengan gw. Sudah pasti klo ada dia, maka disitulah para MANUSIA akan TERTAWA. Dan itu pulalah yang terjadi di sub –   unit ini, TAPI pamor dia sebagai “BAHAN TERTAWAAN” agak teredam setelah ada yang menggeser popularitas dia di KKN ini (akan gw kasitaw nanti). di KKN ini kebiasaan ga pernah MANDI nya makin parah, entah kerasukan JIN apa ? gw juga kagak ngerti. Tapi yang pasti dia ga pernah MANDI, malahan si PULUNG saat KKN ini menjadi orang KAYA. Gmn ga kaya, walaupun dia jarang MANDI. Tapi klo sekali MANDI dia menjalani apa yang disebut sebagai “MANDI KAMPAK”, yang disebut dengan mandi kampak bukan berarti ia bugil lalu mengayunkan KAMPAK ke seluruh tubuhnya ( klo hal itu terjadi, bukan mandi tapi malah DEBUS ).

Kampak BAU NAGA

Kampak BAU NAGA

Ya “KAMPAK” disini adalah arti dalam bahasa INDONESIA dari  sebuah merek dagang parfum. Cukup berbekal “KAMPAK” sakti tersebut, si PULUNG siap berangkat kemana aja….MAU COBA ???

3.  Reza “KNALPOT”

Orang ketiga yang akan gw review adalah Reza – Knalpot. Nama aslinya adalah Reza Alfauzi, dia adalah anak Kyai yang sangat terpandang di seantero KARANGGENENG. Gw kenal si Reza ini sejak taon pertama kali gw kuliah di TE. Upps, jadi ga enak kalo manggil dia dengan nama REZA, mending gw sebut dia KNALPOT aja biar lebih “DOWN TO EARTH”. Knapa dia bisa gw panggil dengan sebutan KNALPOT, yah itu butuh pemahaman dan penelaahan yang sangat panjang dan ga bisa gw jelasin disini. Di KKN inilah sifat – sifat KNALPOT yang belum ter-ekspose selama KULIAH muncul kehadapan AWAK – AWAK KARANGGENENG. Banyak tingkah laku si knalpot yang selalu bikin heboh di saat KKN. Salah satu nya adalah si anak Kyai ini ternyata mempunyai penyakit AMNESIA yang sudah tingkat 10 ( Ya, Allah lindungilah anak ini……), ya dia sering ke-alpaan terhadap barang bawaan nya sendiri. Salah satu nya adalah perkara sandal jepit, sering sekali si Knalpot ini pulang membawa sandal jepit orang lain. Walaupun sudah dikasih nama atau tanda – tanda lainnya, tapi tetap saja hal itu tidak memberikan efek yang signifikan terhadap knalpot. Sebenernya tanda – tanda ini sudah tampak pada saat kuliah dahulu, dimana ia sering sekali membawa buku atau catatan milik orang lain. jika catatan atau buku kita hilang, maka tertuduh pertama adalah SODARA KNALPOT. Tingkah laku unik knalpot lainnya adalah saat ia sedang tidur, ya ia sering sekali tidur dengan berpindah – pindah tempat.

Knalpot beraksi

Knalpot beraksi

Misal : saat awal tidur ia berada di kasur, namun ditengah perjalanan ia bisa saja berpindah tempat ke manapun ia sukai…yang pernah gw liat sih, dia tidur berpindah ke lantai, oya satu lagi….JANGAN COBA – COBA BANGUNKAN KNALPOT DISAAT IA TIDUR, KALAU TIDAK MAU “BABAK BELUR”…..

4.  Kharis (konten dihapus atas permintaan yang bersangkutan)

5.  Dewo

Harisudewo Budiyuwono, ya itu adalah nama panjang dari si Dewo. Dewo adalah seorang SIPILERs ( bukan karena kena salah satu PMS, tapi ini adalah sebutan yang gw sematkan bagi nya ) maklum, dewo adalah mahasiswa yang berasal dari jurusan TEKNIK SIPIL UGM. Di Karanggeneng ini, Dewo bukanlah satu – satunya mahasiswa yang berasal dari T. Sipil. Disini dia ditemani oleh Lia ( akan gw jelaskan nanti ) yang juga berasal dari T. Sipil. Penampilan dewo memang “CIVILIAN” bgt, gmn ngga ? tiap hari ia selalu berpenampilan ala “mandor bangunan” -> dengan kaos + celana Jins yang udah sobek – sobek dibagian lututnya. Oya, si Dewo ini punya keahlian “CENAYANG” lho. Beberapa orang udah kena ramal olehnya ( dan beberapa tepat ) -> siip bro, bisa ngelamar jadi anak buahnya Mama Loren kaw. Selain bisa nge-ramal, dia juga berkemampuan untuk melakukan koneksi dengan makhluk dari alam lain. Sering kali ketika kami shalat bareng di musholla, dia memisahkan diri selama beberapa menit untuk melakukan komunikasi  dengan penunggu di musholla tersebut, di sebuah ruangan yang tertutup.

Dewo dalam suatu kesempatan

Dewo dalam suatu kesempatan

Di KKN ini si Dewo mendapat julukan “Miss Ring – ring”, gmna ngga…dia bisa menghabiskan waktu berjam  – jam untuk ber telepon ria dengan kekasihnya. Maklum mereka melakukan hubungan LDR, sehingga dia jarang untuk bisa bertemu dengan si doi. Ibaratnya pepatah salah satu provider komunikasi di indonesia yaitu COMMUNICATION WITHOUT BOUNDARIES telah berakar di kepala dewo setiap hari nya. Dewo juga satu – satu nya lelaki yang hampir tidak diketahui kebiasaan buruk atau habitnya. Hanya satu kali saja gw pernah nge – gap si dewo tidur sambil mendengkur. Setelah itu tidak pernah lagi gw ngejumpai si dewo tidur sambil mendengkur…..

6.  Diaz

Diaz adalah salah satu dari lima cewe yang ada di sub – unit kami, bernama lengkap Nurina Widiastuti dan berkuliah di jurusan Farmasi UGM. Maka tak salah kalo ia langsung menjabat sebagai koordinator mahasiswa dibidang kesehatan di sub – unit kami ( klo gw ga salah lho ya….). Diaz bersama dengan Ika ( akan gw jelasin di bagian lain ) adalah dua wanita “perkasa” di sub – unit kami. Gmn ngga…bukannya gw meragukan kemampuan dari ketiga cewe lain yang ada di sub-unit ini, tapi memang begitu yang terlihat dari pandangan gw. Mereka berdua selalu terlihat lebih mandiri dari ketiga rekan nya ( Yayas, Ninda, Lia )…two thumbs up buat kalian berdua.

Diaz dan Darel ( anak dari warga karanggeneng )

Diaz dan Darel ( anak dari warga karanggeneng )

Gw kerja bareng ama dias adalah pada waktu pembuatan database anak TK diwilayah dukuh karanggeneng.  Menurut kabar yang beredar dari kamar cewe, diaz ini memiliki habit “ngelindur” saat sedang tidur ( entah ini kabar angin atau bukan, tapi memang begitu lah yang gw denger )

7.  Yayas

Yayas merupakan anggota sub  -unit KKN kami yang memiliki tinggi badan paling pendek  diantara kami bersebelas, bernama lengkap Srimurti  Riastuti dan berasal dari jurusan ekonomi – manajemen. Gadis penyuka KODOK ini ternyata memiliki “experience” yang lebih jika dibandingkan oleh rekan – rekan wanita nya. Klo gw liat sih, si yayas ini yang paling up to date dibidang TI, Gossip, dan “bidang – bidang” lainnya. Hal yang paling gw ingat ketika KKN ini berlangsung adalah, ketika gw, yayas, Ninda, dan Dewo sedang melakukan pembersihan papan informasi di dukuh karanggeneng. Ketika kami sedang asyik merapikan papan informasi di dukuh itu, tiba – tiba saja datang seekor sapi liar yang ternyata sapi tersebut adalah milik warga yang lepas dari kandangnya. Langsung saja si Yayas dan Ninda ini lari ngibrit masuk ke rumah warga, sementara gw juga ikutan lari ke tempat yang aman ( tidak begitu dengan dewo yang tetap membersihkan papan seperti tiada kejadian yang menggemparkan ). Mereka baru keluar dari rumah warga, ketika sapi yang lepas dari kandang tersebut berhasil ditenangkan oleh penduduk sekitar. “I’M not overweight, but I’M UNDERTALL !!! ”

Yayas ( memegang PALU ) dan warga, setelah kejadian bersama SAPI

Yayas ( memegang PALU ) dan warga, setelah kejadian bersama SAPI

8.  Ninda

Kalau Diaz berduet dengan Ika, maka Ninda adalah rekan dari si Yayas. Ya mereka berdua masih se-per-guruan ( Yayas = Manajemen, Ninda = Akuntasi ) jadi kalau kemana – mana mereka selalu berdua. Karena berasal dari jurusan akuntansi, maka si Ninda ini diberi kepercayaan untuk mengelola keuangan di sub  -unit kami. Bernama lengkap Earlyninda Ayu Listyanti ini memiliki tinggi badan yang bisa dibilang tinggi untuk ukuran perempuan dan dia selalu SA-BANG ( SAdar timBANGan ), berkali – kali ia selalu menimbang badannya di kamar kami ( di kamar cowo ada timbangan untuk ukur berat badan ). Berbeda dengan si Yayas yang memiliki “EXPERIENCE” lebih tinggi, maka si Ninda ini bisa dibilang “cupu” jika dibandingkan dengan si Yayas untuk hal – hal yang telah gw sebutkan diatas. Namun kalau untuk urusan MAKANAN, si Ninda ini keluar watak aslinya….TERNYATA dia JAGO BGT SOAL MAKAN, semua makanan pasti dilahapnya tak bersisa ( seep….seep…seep ), Ninda adalah saingan berat pulung dalam hal “mangsa – memangsa”.

Coba tebak yang mana si Ninda ?

Coba tebak yang mana si Ninda ?

Satu lagi yang gw liat dari si Ninda ini, yaitu cewe ini hobi banget ketawa, dikit – dikit kalo ngeliat hal yang lucu pasti ketawa geli ga berhenti -henti. Tapi memang hal seperti itu yang gw liat waktu KKN. Ninda memiliki habit “mendengkur” dikala sedang tidur. Pas gw konfirm ke dia, memang dia kadang mendengkur walaupun tidak sering ( itu menurut pengakuannya ). kata  – kata yang selalu gw inget dari dia adalah ” ENAKKK POT !!! ”

9.  Ika

Ika merupakan anggota yang paling akhir masuk dalam KKN unit 24 ini, namanya masuk menjelang pengumpulan daftar anggota KKN ke pihak LPPM. Bernama lengkap Ika Purnamasari, ia adalah satu -satunya anak yang berasal dari jurusan pertanian. Walaupun cuma sendiri, bukan berarti tugasnya paling sedikit diantara kami.. tugas si IKa ini tidak jauh berbeda dan bahkan setara dengan jumlah jam kerja kami. Dibantu oleh rekan – rekan KKN, si Ika menjalankan tugasnya sebagai Calon Bu Tani di dukuh karanggeneng ini. Krikk….Krikk…Krikk…Krikkk itu adalah ucapan yang

sering gw denger dari mulut Ika. Knalpot pernah bilang ke IKA :

Knalpot : Kok, Kmu sering bgt sih bilang krik…krik…krik, apa karena kamu masuk jurusan SERANGGA DAN HAMA YA ???

Ika : {cuma diam aja sambil senyum}

gw dan anak2 lgsg KETAWA MATI begitu mendengar Knalpot berkata seperti itu……..

Ika sebagai peserta lomba 17-an di desa setempat

Ika sebagai peserta lomba 17-an di desa setempat

Bersama dengan Diaz, klo gw liat mereka berdua cepat akrab dengan penduduk dukuh karanggeneng. Sehingga tidak heran, jikalau mereka paling  dihafal oleh penduduk dukuh tersebut . Gw tidak mendapat info mengenai kebiasaan buruk dari si Ika ini, jadi tidak ada yang bisa gw tulis tentang kebiasaan buruknya…..

10. Lia

Tidak banyak yang bisa gw tulis tentang Lia ini, karena ia hanya sebentar saja bersama kami ( sebelum penarikan KKN, ia sudah cabut dari lokasi karena harus pergi ke belanda ). Bernama lengkap Amalia Nani S, ia adalah rekan seperguruan dengan Dewo ( sama -sama jurusan T.Sipil ). Gw cuma bisa bilang supaya dia bisa berhasil menjalani kehidupan di lingkungan baru nya ( negeri BELANDA )….good luck

oke, itu tadi adalah profile singkat dari teman – teman KKN gw di sub – unit Karanggeneg. Sub unit yang gw bilang paling banyak anggota nya dan paling kompleks orang – orang nya, kami akan bersama – sama di dukuh ini selama kurang lebih 2 bulan……

Masa - masa yang membahagiakan......

Masa – masa yang membahagiakan……

4 thoughts on “KKN 24 : Karanggeneng Crew

  1. Beeee…..
    Thankz yaaa..

    truz jd inget jaman2 jahiliyah dulu
    btw ga masukin profile si cantik Darrel yg lagi aksi jongkok d pinggir sungai? hehe

    • Thx udah mampir ya dee….haha, skrng baca2 postingan q sendiri serasa nostalgia kemasa-masa itu….kabarnya sekarang spt apa ya desa kita itu….kata si knalpot sebentar lagi ada waterboomnya disana….

  2. Assalamu’alaikum.
    wueezzz……..trus profil gw mana Be??kormanit dateng ini…. :-))

    • wassalamualaikum pak kormanit,

      Lah nama nya aja karanggeneng crew zel, lu kan masuknya di krajann….haha, ntr klo aq buat ttg crew kkn 24 baru tu, tapi bs gempor ketik nya lee….hahaha

Leave a Reply

