SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

About Documentary

4 Comments

Oke kali ini gw akan nge – review mengenai filem – filem mengenai luar angkasa, Filem yang akan gw review ini rata – rata sifatnya adalah dokumenter, namun bukan filem dokumenter seperti filem perjuangan kemerdekaan lho. Filem dokumenter ini bentuknya lebih seperti filem beneran alias bukan dokumenter. Jadi di filem itu juga ada aktor dan aktris nya yang memainkan peran sebagai tokoh yang ikut berkecimpung pada kejadian saat itu.

Klo gw bilang si filem nya lumayan bagus untuk disimak, terlepas ada tidaknya “propaganda” dalam filem – filem itu… mari kita telaah satu – persatu :

1. BBC – SPACE RACE

BBC - SPACE RACE

BBC - SPACE RACE

Filem ini merupakan filem dokumenter pertama yang gw tonton, melihat judulnya “BBC” maka anda semua pasti terpikir bahwa filemnya bakalan bete karena isinya berita semua. Jika anda berpikiran seperti itu maka anda salah besar. Filem ini menceritakan mengenai perlombaan dua negara adidaya pada saat itu ( AS dan Uni Soviet ) dalam menempatkan pemuda – pemuda terbaiknya di luar angkasa. Namun, di filem ini bukan ditekankan bagaimana perjalanan astronot / kosmonot ke luar angkasa, tetapi lebih ke persaingan antara dua ilmuwan roket yang terkenal pada saat itu untuk memenuhi target yang dicanangkan oleh pemerintah masing – masing. Wernher Von Braun seorang ilmuwan roket asal jerman yang dicapture oleh AS semasa PD 2, merupakan  tokoh dibalik kesuksesan AS dalam mencapai targetnya ke luar angkasa, sedangkan di belahan dunia lain yaitu Uni Soviet memiliki ilmuwan roket yang tak kalah jagonya yaitu Sergey Korolev. Korolev dan Von Braun menjadi tokoh sentral dalam perkembangan roket di negara masing – masing. Pada film ini nantinya akan terlihat bagaimana kedua ilmuwan tersebut memiliki kesulitan nya sendiri -sendiri dalam proyek yang mereka jalani.

Film ini terdiri atas 4 bagian yaitu :
Bag 1 : Race For Rockets (1944–1949)
Pada bagian ini menceritakan awal mula dari perlombaan ke luar angkasa, dimana mengambil settingan pasca PD 2,  peristiwa penting pada bagian ini adalah mengenai peng-capture-an Wernher Von Braun dari Jerman-NAZI dan pembebasan Sergey Korolev dari penjara di Gulag ( Uni Soviet )
Bag 2 : Race For Satellites (1953-1958)
Bagian ini menceritakan perlombaan untuk menempatkan sebuah satellite pertama di orbit bumi, dimana pihak pemenang  adalah Uni Soviet yang berhasil menempatkan sebuah satellites terlebih dahulu di orbit bumi lewat Sputnik 1.
Bag 3 : Race For Survival (1959–1961)
Amerika yang tidak mau kalah kemudian mencanangkan proyek “Mercury” yaitu sebuah proyek untuk menempatkan manusia pertama di luar angkasa, namun pihak soviet ternyata juga memikirkan hal yang sama. Kedua negara terus bersaing untuk     menempatkan manusia pertama di luar angkasa. Pihak Soviet akhirnya menjadi pemenangnya lewat, penempatan kosmonot  Yuri Gagarin di orbit bumi, AS baru bisa menyusulnya beberapa minggu kemudian lewat astronot Alan Shepard.
Bag 4 : Race For The Moon (1964–1969)
Merupakan bagian akhir sekaligus penutup dari dekade “SPACE RACE”, dimana kedua negara saat itu berlomba untuk  menempatkan orang – orang terbaiknya di bulan. Dalam hal ini AS lebih unggul dalam soal pendanaan, sedangkan pihak Soviet kekurangan dana untuk membiayai program roket bulan mereka yaitu N1. Pada bagian ini juga diceritakan mengenai     kematian dari ilmuwan roket soviet yaitu Sergey Korolev. Pada akhirnya terlihat bahwa pemenang dari lomba angkasa menuju Bulan ini adalah pihak AS, sedangkan pihaK Uni Soviet sendiri tidak pernah berhasil menempatkan kosmonotnya di Bulan.
Film ini berdurasi selama 1 jam untuk tiap episodenya, ya klo gw bilang si lumayan buat nambah – nambah pengetahuan…^^

2. Apollo 13
Nih filem sudah gw tonton dari dulu, pertama kali nonton waktu kelas 6 SD klo ga salah. Filem ini juga sering diputer di stasiun – stasiun TV swasta. Filem ini mengisahkan perjalanan 3 orang astronot menuju bulan. Di perjalanan Modul  Apollo mereka mengalami kerusakan, yang mengakibatkan mereka tidak jadi melakukan pendaratan di bulan. Di filem ini diceritakan bagaimana cara mereka bertahan dalam modul apollo yang tengah sekarat hingga akhirnya berhasil melakukan touch down di laut atlantik.

"Houston - We have a Problem...."

"Houston - We have a Problem...."

Salah satu pemeran dari filem ini adalah aktor kawakan yaitu Tom Hanks. Menurut gw ni  filem bagus, karena menonjolkan sisi kredibilitas NASA dalam membawa pulang astronot nya dengan selamat dari luar  angkasa. Filem ini berdurasi sekitar 1 jam 45 menit…

3. The Right Stuff
Nah, klo yang ini adalah filem tentang perjalanan kisah manusia – manusia pilihan amerika ( american hero ) pada saat     awal – awal space race. Di filem ini juga ada kisah tentang pemecahan rekor terbang menembus kecepatan suara oleh     Chuck Yeager. Kemudian mengenai pemilihan 7 orang astronot pertama amerika yang lebih dikenal dengan “Mercury Seven”.

"My name is Jose Jimenez......"

"My name is Jose Jimenez......"

Film ini sendiri merupakan produksi tahun 1983, sehingga tak heran kalau di filem ini masih dibumbui oleh propaganda     Amerika, di film ini terdapat kisah – kisah menarik dari saat Chuck Yeager dan kawan – kawan sesama pilot uji  dikawasan Edward Air Force Base hingga masa – masa pemilihan astronot untuk pertama kalinya. Gw tahu film ini ketika  ada review nya di majalah angkasa. Ternyata memang film nya bagus dan layak untuk ditonton bagi yang ingin mengetahui     sejarah pemecahan rekor kecepatan suara dan perjalanan di awal – awal NASA terbentuk.

4. From Earth To The Moon
Ini adalah filem yang baru saja gw donlot dari internet ^^, merupakan produksi pada tahun 1998. mengisahkan     perjalanan NASA dalam mencapai tujuan yang telah dicanangkan oleh President John F Kennedy yaitu pendaratan di Bulan.     Terdapat 12 Episode, tiap episode memiliki durasi 1 jam. Merupakan produksi HBO dengan narasi oleh Tom Hanks. Gw baru     punya 2 episode awal yang mengisahkan tentang awal perjalanan NASA ( Mercury dan Gemini Program ) serta Peristiwa  Apollo 1.

From Earth To The Moon

From Earth To The Moon

Dari dua kisah yang gw udah liat, gw memilih Episode 2 sebagai episode paling menyedihkan. dimana di episode ini menceritakan tewasnya 3 astronot amerika di kapsul Apollo 1. Mereka semua tewas karena telah terjadi     kebakaran didalam kapsul apollo mereka. Untuk diketahui bahwa kapsul tersebut terbakar karena terjadi sebuah percikan     api / spark, pada bagian kapsul yang kemudian memicu terjadinya kebakaran, karena kapsul mereka murni oksigen. Gw     nilai ni film memiliki rating 3.5 dari skala 5…hehehe

5. Discovery – NASA : When We Left Earth

Dokumenter 50 tahun NASA

Dokumenter 50 tahun NASA

Ini adalah salah satu dokumentasi yang menurut gw wajib dimiliki bagi para Sky-ers, dimana ini merupakan film murni  dokumenter mengenai perjalanan NASA sepanjang 50 tahun mengarungi jagat angkasa raya ini. Terdapat 3 buah episode. Berbeda dengan 4 film yang uda gw review diatas, di film ini semua tokohnya asli karena merupakan dokumenter murni dari perjalanan NASA. Dari yang udah gw liat, menurut gw filem dokumenter ini bagus banget, karena kita dapat     melihat footage perjalanan NASA yang jarang banget dipublikasikan ke khalayak umum, seperti  penerbangan pertama  Alan Shepard, Pendaratan di Bulan, hingga kejadian Challenger – Columbia. Pokoknya  wajib punya – lah bagi yang  tertarik dengan dunia luar angkasa. Episode 2 menurut gw paling keren dimana pada episode ini diceritakan tentang     pendaratan manusia dibulan, disertai dengan pendapat dari astronot – astronot yang terlibat pada program Apollo.  Episode 3 menurut gw paling dramatis, dimana di episode ini yang mengisahkan pesawat ulang – alik NASA, bagian paling dramatis adalah mengenai meledaknya Challenger tahun 1986 dan Hancurnya Columbia saat re – entry di tahun 2003. Video     ini direlease tahun 2008, yang merupakan program dari discovery dan disiarkan dalam format HD. Pertama kali nonton waktu gw pulang ke Bontang dulu, tapi baru kesampaian saat ini setelah gw unduh secara gratis dari internet ^^

6. Did We Land On The Moon
Film ini merupakan contra – film dari film dokumenter diatas. Film ini bercerita tentang teori konspirasi bahwa NASA   sebenernya tidak pernah melakukan pendaratan di Bulan. Menurut pembicara di film ini, bahwa apa yang telah dilakukan  NASA selama ini adalah kebohongan publik semata alias HOAX. Disiarkan oleh FOX news di tahun 2002. Berisikan tentang         pendapat – pendapat pakar konspirasi seperti Bendera yang berkibar di bulan, Syuting film di Area 51 hingga Adanya  radiasi sabuk Van Allen yang dapat membunuh astronot yang pergi ke bulan. Film ini layak dijadikan koleksi untuk perbandingan antara film dokumenter lainnya. Di film ini juga diutarakan bahwa anda akan diajak melihat perbandingan  antara kejadian asli dengan teori konspirasi yang diutarakan oleh pakar konspirasi tersebut.

Mengenai ada nya pemberitaan bahwa pendaratan di bulan itu hanya rekayasa belaka, klo menurut gw sih. itu hanya angin lalu saja…karena menurut gw apa yang diutarakan oleh pakar konspirasi itu sifatnyan hanya berupa pendapat aja dan tidak ada bukti – bukti realnya seperti telemetri dan kalkulasi yang lainnya. Mereka semua hanya berpendapat berdasarkan apa yang mereka lihat seperti melalui video dan foto – foto. Ada satu hal lain yang menurut gw pendaratan di bulan itu adalah benar, yaitu di salah satu film dokumenter NASA ini, gw benar – benar melihat bukti – bukti kekuasaan ALLAH SWT di luar angkasa yang maha luas ini….Subhanallah !!!!

4 thoughts on “About Documentary

  1. Siip deh… kalo film ruang angkasa yang seperti ini saya suka. Tetapi kalau film2 yang terlalu fiksi banget seperti “Alien” dan perang2 antarras luar angkasa, saya nggak begitu suka……

  2. @Bang Yari : Iya nih mas, sama….klo filem mengenai penjelajahan luar angkasa saya suka, tapi klo film fiksi luar angkasa seperti Alien saya juga ga begitu suka, paling hanya Star wars doank yang saya suka…..makasi ya uda mampir ke sini, hehe

  3. Terimakasih. ULasanya membantu saya untuk menulis ensiklopedi anak-anak: Man on The Moon

  4. @ koko : Terima kasih kembali, semoga ulasan ini dapat membantu anda😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s