SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

BIOLOGI – Kenangan yang tak terlupakan….

8 Comments

Siapa yang tidak kenal dengan pelajaran biologi, ya biologi adalah suatu ilmu dari pecahan Ilmu Pengetahuan Alam. Biologi memelajari banyak bidang yang berhubungan dengan alam sekitar, berbeda dengan pelajaran IPA lainnya, biologi ini menggunakan prinsip full hafalan, sehingga tak akan ditemui adanya perhitungan pada pelajaran biologi. Yang dihapal pun sangat banyak, dari anatomi tumbuhan, hewan, ampe manusia beserta alam sekitarnya. Walaupun susah, tapi pelajaran biologi itu tetap menyenangkan. Banyak hal yang dapat kita ambil dari biologi. Di sekolah gw dulu, pelajaran biologi itu memiliki buku yang paling mahal dari semua buku pelajaran yang gw miliki. Pelajaran Biologi di sekolah gw dulu ada porsi teori dan porsi praktik. Porsi teori itu terdiri dari catatan, Tugas, dan ulangan. sedangkan Praktik adalah mengenai praktik dari hasil teori yang telah dipelajari sebelumnya. Untuk porsi praktik bisa dibilang adalah hal yang paling mengasyikkan, banyak hal – hal aneh yang muncul selama kita praktek, seperti hal ini :

Peristiwa ini terjadi ketika gw duduk dikelas 1 SMU, semester 2. Ceritanya pada saat itu gw dan kawan – kawan sekelas mo ada praktikum di lab. Perlu diketahui ini adalah praktikkum yang pertama bagi kami semua, disitu kita akan berlatih menggunakan mikroskop untuk mengamati benda – benda yang ukuran nya sangat kecil seperti jaringan stomata, pembuluh tapis dan kayu pada daun. Tapi, ada seorang temen gw yang bisa dibilang ekstrem / gila, dia berkata begini ma gw :

X  : Be, besok pas praktikum gw mo bawa me*e’ ah
Gw : Afuu, serius lo ??
X  : Tunggu aj besok……

Nah, gw kirain tuh orang bo’ong aja, tapi ternyata beneran dia bawa tuh benda haram ke sekolah gw…

X  : nih be coba liat…( sambil menunjukkan wadah yang berisi tuh bakal anaknya dia, )
Gw : Anjriiit, bisanya ???? ( terpana melihatnya kelakuannya )
x  : Udah gw simpen selama 5 bln nih,
GW : Afu…. ( niat banget nih orang )

Sesi pertama praktikum, semuanya berjalan lancar tanpa ada apa – apa, kami semua mengamati jaringan – jaringan pada tumbuhan yang sudah diletakkan pada kaca preparat. Setelah selesai, temen gw tadi menjalankan aksinya…..ia mulai membuka wadah tersebut ( wadahnya mirip seperti wadah untuk pengambilan sampel urine saat kita akan menjalani general check – up )….

krriiiit….. ( kita semua melihatnya dengan harap – harap cemas )
dan

……mulai tercium aroma yang tidak sedap….mengalahkan bau sampah…baunya pulung pun masih kalah dari bau ini…….

Gw     : Anjriiit bau apaan ini ????
Judith : Bau sekali, ini…..
x      : iyalah, namanya juga uda lima bulan gw simpen….
Panda  : Ini bau pempek ya !!! ( dasar bego, tiba -tiba menyahut dengan tidak jelasnya……)

Ia pun segera mengambil sample nya, dan meletakkan nya di kaca preparat untuk diamati….

x  : mana ini kok g kliatan…..( sambil melakukan pembesaran lensa nya )
gw : ya mana ada, dah pada mati lah….
x  : Itu…tu ada ada, ( setelah melakukan pengubahan lensa secara berulang – ulang )

yang terlihat pada saat itu adalah, hanya berupa seperti benang – benang rambut saja… apakah itu benar – benar “bakal anak” atau hanyalah kotoran, kita semua belum bisa memastikan. karena setelah itu, jam belajar sudah berakhir dan praktikum musti diakhiri…..mengenai kabar tuh benda haram, sampai sekarang masih lum jelas juntrungannya, kalo ga salah sih, dia ngeletakkan tuh botol di pinggir jendela lab sekolahan gw…. siapa yang dapat tuh barang, pastinya dapat jackpot lah….

Masalah di biologi muncul ketika ada ujian atau ulangan, kalau sudah begini maka dipastikan kita harus menghapal bahan – bahan biologi yang begitu banyak tersebut,.Untuk menyiasati hal tersebut biasanya kita menggunakan strategi dalam menghadapi ujian atau ulangan biologi. Kalau bahannya dikit, mungkin masih bisalah untuk dihapal, namun bila udah banyak maka yang terjadi adalah, kita semua pasti akan menyiapkan krepekan pada saat ujian, atau yang paling gampang adalah dengan langkah tengok kiri dan tengok kanan. Cara – cara itu bisa dibilang jitu pada saat itu. Namun, guru gw bukannya tanpa strategi juga, dalam menghadapi tingkah polah anak – anak didiknya. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan mengacak tempat duduk kita, pada saat ulangan akan dilakukan. Hal ini berarti, kita akan duduk ditempat yang berbeda dari tempat duduk kita sehari – hari. Sehingga ada pepatah kuno mengatakan bahwa “Posisi menentukan Prestasi”, Kalau kita mendapatkan pasangan yang jago dan posisi kita enak, maka bisa dibilang saat itu dewi fortuna berada didekat kita. Namun sebaliknya, jika kita mendapatkan pasangan yang jago namun posisi kurang menguntungkan, maka bisa dibilang pada saat itu kita lagi sial. Namun selama perjalan gw, saat menghadapi ujian biologi alhamdullilah gw tidak pernah mengalami kesialan itu, gw selalu dapat posisi yang dibilang tidak sial namun juga tidak menguntungkan, jadi tengah – tengah lah…

Membicarakan masalah ujian biologi, ada suatu kisah yang sangat menarik untuk disimak. Jadi begini, dulu pada saat gw duduk di bangku SMU kelas 3 semester akhir, saat itu kami sedang dalam proses menuju ke UAS atau Ujian Akhir Sekolah dan UAN atau Ujian Akhir Nasional. Perbedaan antaraa UAS dan UAN adalah pada proses pembuatan soal, klo UAS itu, soal dibuat oleh sekolah – sekolah yang berada disuatu kota ( karena sekolah gw ada di kota Bontang, maka yang membuat soalnya adalah sekolah – sekolah yang ada dikota bontang, termasuk sekolah gw ), lain lagi dengan UAN, klo UAN, yang membuat soalnya adalah diknas ditingkat propinsi. Jadi kalau urusan UAN, tidak ada campur tangan dari pihak – pihak sekolah, sehingga bisa dipastikan lebih aman. UAS sendiri, karena yang membuat adalah pihak sekolah – sekolah maka tingkat kerahasiaan nya menjadi lebih rendah, nah tingkat kerahasiaan yang rendah inilah yang membuat soal – soal pelajaran UAS menjadi lebih sering bocor……

Pada saat musim UAS itulah, gw dan kawan – kawan mendengar ada soal yang bocor untuk matakuliah Fisika, Biologi, dan satunya gw lupa. Yang gw inget, yang membuat soal biologi itu adalah dari sekolah gw. Nah, menurut desas – desus tuh soal bocor di sekolah laen. Dasar  mental “gathering”, maka kita pun sepakat untuk mencari soal yang bocor tersebut. Kebetulan kawan gw ada yang mengenal anak – anak dari sekolahan tersebut. perlu diingat bahwa waktu ujian saat itu tinggal 5 hari lagi, dan kita pun berpikir, mana mungkin bisa belajar dengan materi yang sangat banyak itu, sementara yang pelajaran yang diujikan tidak hanya biologi saja, tetapi masih ada fisika, kimia, ppkn, agama, dan yang lainnya… maka kita sepakat untuk mencari jalan pintas saja…..Pada awalnya sih gw blom taw ada soal bio yang bocor, sampai suatu ketika tmen – tmen gw seperjuangan maw bljar bio di rumah gw,  gw sendiri heran kok tumben ada belajar bio bareng, yang datang ke rumah gw malam itu adalah si Pulung, Judith, ma Suli,

Gw : Ngapain kalian ?
Suli :  Belajar lah be… ( sambil senyum – senyum misterius )
Gw :  O ya udah..
kami pun belajar,….. baru dapat satu paragraf….. si suli nyeletuk

Suli : Eh, be ?  gw denger kalo soal bio tuh bocor lho ….
Gw :  Yang bener ????
Suli : Gw denger sih dari si deden, coz dia bilang ada soal bocor tuh di sekolah luar..

Gw : Oooo, jadi maksud kalian, kita mo nyari tuh soal ?

Suli : Yoi, kita  mo nawarin ke kaw nih ? maw ga ?

Gw :  Ayo sudah nyari kita, daripada gw nyiksa diri ini…bntr, gw hub si deden dulu yaw……

Gw pun langsung ngehubungi si Deden
Gw  : Assalamualaikum, Den…. kaw dimana ?
D2n : Wass, Gw dirumah, napa be ?
Gw  : Eh, bener kah iya, ada soal bocor
D2n : Iya, gw denger dari temen gw…
Gw  : Serius, kaw ? bisa anter ksono kah ?
D2n : mmmmmm….
Gw  : Ayo sudah d3n, mana mungkin kita sempet belajar lagi ini….
D2n : Gw sbenernya mau, tapi anaknya ada g ya ?
Gw  : Gapapa, yang penting kita coba dulu, gmn ?
D2n : Ya uda deh…
Gw  : Oke, gw ksono sebentar lagi…. lu tunggu ya….

setelah itu gw ngehubungi pian, perlu diketahui saat gw sekolah dulu, si Pian termasuk dalam salah satu master biologi di kelas kita, untuk itu gw berniat ngajakin si Pian.
GW   : Ass, Pi kaw maw ikutan nyari soal bio ga ?
Pian : Soal bio yang bocor itukah ?
Gw   : Iya, kaw maw ikut berburu nyari soal bio ga ? daripada belajar cape2….kalo ada yang mudah napa tidak….
Pian : Mau sih ???
Gw   : Ayo sudah, temenin si deden tuh…coz yang kenal ma anak – anaknya kan cuma kalian….
Pian : Oke deh be, gw tunggu ya….

Lalu gw kembali masuk,
Suli           : Gimana hasilnya be ?
Gw              : Ayo sudah kita bergerak….hunting tu soal
Pulung, Judith : Seeeeppp, ayo,ayo…..!!!! ( seperti anak kecil mendapat durian runtuh )

Gw    : Bu, pergi dulu ya !
Ibuku : Mw kemana malam – malam begini ?
Gw    : Belajar bu, di rumah temen… ( bohong lagi )
Ibuku : Oya wes, klo pulang jangan malam – malam ya….

Dalam beberapa menit gw sudah ada ngejemput si deden dan si Pian….
Gw  : Oke coy, kemana tujuan pertama kita kali ini
D2n : Mmm, ke rumah temen gw yang deket pasar rawa indah dulu be….
Gw  : Oke, deh

sesampainya ditempat yang dituju….
D2n : biar gw ma pian aja yang turun be, biar g dicurigai….
Gw  : oke….

mereka berdua pun turun ditempat tersebut, perlu diketahui sebelumnya, bahwa tu tempat penerangannya rada remang – remang. Kami pun menunggu teman kami tersebut, menunggu selama 15 menit, ternyata membuat pulung merasa bosan, akhirnya dia keluar dan mencari hawa segar…. kemudian ia pun membeli sebatang rokok ketengan.. dan mulai membakar rokoknya… lagi asyiknya ngerokok., tiba – tiba kita dikagetkan oleh suara orang tua dari belakang..

Warga : Mas, kalau maw ngerokok jangan disini….berbahaya mas
Pulung : oya, pak…maaf – maaf…

Akhirnya si Pulung cepat – cepat mematikan api rokoknya…

Usut punya usut, ternyata si Pulung tu ngerokok di dekat kios bensin…..ntah dia tahu apa tidak, tapi yang pasti dia memang selalu membuat masalah……Kan g lucu tu kalo misalnya sampai terjadi kebakaran, yang disebabkan oleh adanya seorang siswa  yang merokok di dekat kios bensin, yang udah jelas – jelas bertuliskan DILARANG MEROKOK, bisa – bisa besok masuk headline di Tribun kaltim dan Manuntung dengan tag seperti ini “SEORANG SISWA SMU DITEMUKAN TEWAS TERPANGGANG DI DEPAN KIOS BENSIN DAN 4 ORANG TEMANNYA MASIH DALAM PEMERIKSAAN PIHAK KEPOLISIAN”

beberapa kemudian kedua teman kami kembali,
Gw     : Gmna den ? dapat kah ?
D2n    : Kagak dapat be, mereka bilang kagak punya soalnya….
Judith : Trus gmn?
D2n    : ya uda, skrang coba kita tanya temenku yang satunya
Gw     : Oke deh kita bergerak sekarang….

Kita pun meluncur ke tempat yang dituju…dan seperti tadi, gw, pulung, suli, dan judith menunggu dengan setia di mobil gw, sedangkan pian ma deden pergi ke rumah temen mereka, untuk bernegosiasi…..setelah menunggu selama 15 menit mereka pun kembali

Gw   : Gmna den ? ( diliat dari tampang si d2n, gw yakin kali ini pun mereka g dapat )
D2n  : Nihil be….. mereka g punya soalnya….
Suli : duh, sia -sia berarti kita….
Pian : mereka bilang juga g punya tuh soalnya, mereka juga cuma dengar – dengar aja….
Gw   : Berarti kabar burung tuh….

Akhirnya, perburuan tuh soal, dibatalkan dan kita pun sepakat untuk pulang saja, perlu diketahui kita sudah pergi selama 2 jam-an, itu artinya waktu kita udah terbuang sia – sia….

kesimpulannya : berarti kita udah buang – buang waktu saja, dan sepertinya berita itu hanyalah hoax semata. Ntah benar pa tidak tapi peristiwa bocornya soal biologi itu sempat membooming dikalangan kami, pada saat itu. Gw sendiri sempat dikabari bahwa teman kami ada yang memiliki soal itu, ntah benar apa tidak… yang penting gw kapok dan memilih belajar biologi sendiri tanpa berharap dengan kabar soal itu, dan hasilnya…. ternyata lumayan baik, gw dapat nilai 85 untuk UAS Biologi , tanpa ada kecurangan sedikit pun…………… ( bohong  lagi…)

8 thoughts on “BIOLOGI – Kenangan yang tak terlupakan….

  1. telaso.. pulung itu merokok disamping tulisan dilarang merokok dan jejeran jerigen bensin (inget gw), goblok banget!

  2. Yoi, dhit…..memang si Pulung tuh kelewat bodo nya….mosok bisa ampe g ngeliat sih disitu ada kios bensin…..

  3. huahahahahha..ketauaaannnnn….. ternyata,, untung kalian waktu itu ga sekalian datengin dukun minta dikasitau dimana soal itu berada… hahahaha…

    mo pintar,, makanya belajar! *iklan banget*

    kok ga dibahas kalo pulung kepincut anaknya guru biologi, Be?😀

  4. Iya nis, gw juga tadinya niat belajar bwt bio tuh…. eh, ndak taunya si Ijul datang dengan membawa kabar “baek” itu…Jadinya ilang deh semanget bwt bljr….hahahahaha, sbenarnya kita g hanya hunting soal buat bio, tapi juga buat pelajaran lainnya spt agama, ppkn, dll… tapi g da yang dapet

    Untuk si Pulung, ntr deh gw buat side story nya, wakakakakaka

  5. Duh Be, tetep ga ada yang ngalahin beruntungnya aku dapet soal kan?!!?:D

    Be, biasanya kan Kita ni ahli “Mikro Biologi”, kenapa waktu itu ga kita manfaatin ya:D

  6. Hah, dapat soal apaan Ndu ? Soal Bio UAS kah?

    Hihihihi….kan biasanya yang buat “Mikro” Biologi tuh si TMin, gw cuma mesen ma dia aja…..mungkin pas itu dia lagi insap kaleee…..
    ato binun mo apa yang di MIKRO in…..

  7. Lo? Kau ga tau kah cerita waku dapet soal?!? Duh, jangan dibahas di blog, kalo ketauan bisa mampus aku:D

  8. Nah, gw inget kalo yang itu ndu……Oke2, kalo yang itu biar jadi rahasia di kalangan kita aja..ehm,ehm,ehm,…..hahahaahahahaha

Leave a Reply

