SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita…

Badai Matahari dan Kiamat 2012

28 Comments

Tulisan ini saya ambil dari majalah angkasa edisi bulan January 2009.

Ada suatu artikel yang mengatakan bahwa akan ada badai matahari pada tahun 2011 dan kiamat pada tahun 2012. Untuk peristiwa Badai Matahari nya, hal itu sudah dipastikan akan terjadi, sedangkan peristiwa Kiamat pada 2012 masih menjadi misteri. Namun kemungkinan adanya peristiwa badai matahari ini akan ada hubungannya dengan peristiwa kiamat tersebut. Tapi ya itu tadi, untuk yang kiamat masih menjadi tanda tanya. Akan saya jelaskan satu – persatu mengenai peristiwa tersebut

1. Badai Matahari

Badai yang dimakasud disini bukan badai seperti badai topan atau badai gurun, namun badai matahari adalah suatu peristiwa dimana banyak nya jumlah partikel partikel dari matahari yang berterbangan di luar angkasa. Partikel tersebut merupakan partikel magnetik. Jika anda sekalian pernah mendengar adanya sunspot atau bintik hitam matahari, maka dari situlah peristiwa ini bermula, bintik hitam ini merupakan ledakan yang luar biasa di permukaan matahari. Ledakan ini dapat menyebabkan timbulnya awan masif yang sangat panas sering disebut sebagai CME (Coronal Mass Ejection). Timbulnya awan masif ini menyemburkan medan magnetik yang amat sangat tinggi. Pada saat bintik ini muncul, maka bisa dipastikan bahwa aktivitas medan magnetik menjadi sangat tinggi dan efeknya dapat mencapai bumi. Fenomena ini dapat muncul dengan pola 11 tahun sekali, dan CME dapat menyembur dengan kecepatan hingga jutaan mil per jam. berdasarkan perhitungan para ahli, waktu agar partikel – partikel tersebut mencapai bumi adalah sekitar 5 hari dari waktu kejadian. Partikel itu sendiri tidak dapat dengan mudah untuk memasuki permukaan bumi, hal ini dikarenakan bumi masih memiliki lapisan magnetosfer yang berlapis – lapis. sehingga partikel ini hanya dapat masuk melalui celah kecil di kutub utara dan kutub selatan. jika partikel itu masuk ke bumi maka ia akan terionisasi di atmosfer dan membentuk tirai cahaya raksasa yang warna -warni dan dikenal sebagai aurora. Memang sangat indah bentuknya, namun efek yang ditimbulkan sangat besar. efek yang ditimbulkan dari adanya badai matahari ini baru terasa pada tahun 1989.

Pada saat itu ada kejadian yang terjadi di bumi dan luar angkasa yang memiliki korelasi dengan adanya badai matahari pada maret 1989. peristiwa pertama terjadi di Canada, yaitu matinya pusat pembangkit listrik di kota quebec, para teknisi terheran – heran akan darimana asal muatan listrik yang begitu besar tiba – tiba merusak kapasitor sirkuit pelindung, karena saking kuatnya hingga kapasitor pelindung di berbagai jaringan transmisinya pun ikut rontok. Efek yang ditimbulkan dari mati listrik selama 8 jam tersebut sangat besar, ribuan penduduk quebec diserang hawa dingin yang amat sangat karena matinya mesin pemanas mereka. Sistem transpor bawah tanah massal pun menjadi mati karena ketaktersediaan listrik. Di kota montreal pun terjadi hal yang demikian, pemda setempat menindaklanjuti nya dengan menutup sekolah dan gedung perkantoran untuk mencegah kesemrawutan di jalan raya akibat padamnya sistem lalu lintas.

Pada saat yang sama secara kebetulan pesawat ulang alik discovery diluncurkan dari kennedy space centre di Florida , Amerika Serikat. Pesawat ini membawa satelit TDRS dan sedianya akan diluncurkan pada 18 februari, NASA sendiri sangat berhati – hati dalam meluncurkannya, hal ini sendiri tidak terlepas dari kejadian yang menimpa Challenger pada tahun 1986, tetapi masalah tetap saja terjadi . pada hari pertama saat mengorbit di ruang angkasa, satu dari tiga tangki cryogenic pencatu listrik tiba – tiba saja ngadat dan tekanan nya menjadi kacau. Bayang – bayang musibah Challenger pun melintas di benak para petugas di Pusat Kendali Misi di Houston, untuk itu maka crew discovery menutup tangki tersebut. Pada hari ketiga, dengan diliputi perasaan cemas, awak discovery mencoba menyalakan kembali tangki yang bermasalah tersebut, dan hasilnya secara ajaib tangki ini dapat bekerja sebagaimana mestinya dan seperti tiada masalah pada tangki tersebut. Hingga beberapa hari kedepan pihak NASA tidak dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab tangki tersebut menjadi tidak normal pada hari pertama orbit discovery, sampai suatu ketika mereka membaca laporan dari observatorium di Kitt Peak, yang menyatakan bahwa telah terjadi aktivitas yang luar biasa di permukaan matahari.

Badai Matahari yang menyerang Bumi tersebut terjadi pada Maret 1989 dan dicatat sebagai siklus yang ke 22 dari aktivitas matahari. Siklus 23 telah terjadi pada tahun 2000, sementara siklus ke  24 diperkirakan akan terjadi pada tahun 2011, nah dengan adanya siklus ke 24 ini banyak berbagai media yang melansir pemberitaan yang rada spekulatif. Banyak diantara mereka terutama lewat situs internet, mengatakan bahwa akan terjadi gangguan yang akan merusak berbagai infrastruktur, jaringan satelit, dan sistem penerbangan dunia. Medan magnet dari matahari juga diperkirakan dapat merusak alat pacu jantung dan berbagai peralatan di rumah sakit.

2. Adanya Planet X ??

Keberadaan dari planet X ini sendiri masih misterius, dikatakan dalam sebuah buku yang berjudul The Twelfth Planet, bahwa sebenarnya sistem tata surya kita itu terdiri atas 12 planet, planet yang msiterius ini bernama Nibiru. Ribuan tahun yang lalu dikatakan bahwa Nibiru sempat beredar pada sistem tata surya kita, namun kemudian menghilang lagi karena arah trayektori nya yang tak memungkinkan untuk berada terus dalam sistem tata – surya kita. Planet tersebut bergentayangan sampai luar galaksi.

Litreratur dari buku tersebut diambil dari peninggalan bangsa Sumeria yang hidup sekitar 6000 tahun yang lalu. Pada masanya, bangsa Sumeria memiliki pengetahuan yang tak lazim. Leluhur dari bangsa Irak ini memahami ilmu perbintangan. dalam perbintangan menurut bangsa sumeria tersebut ada 12 planet yang berada dalam tata surya. Planet tersebut antara lain Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Luna, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto, dan Nibiru. Para Ahli bintang Sumeria meyakini bahwa Nibiru akan kembali lagi pada periode tata – surya kita. Yang menjadi permasalahan adalah kembalinya Nibiru ini dapat memotong garis edar beberapa planet, termasuk Bumi ada kemungkinan akan terjadi peristiwa tabrakan antar planet. Kebenaran dari hal ini masih menjadi hal yang misterius. NASA pernah melihat adanya objek yang 8 kali lebih besar dari massa bumi bergentanyangan di pinggiran tata surya kita. Objek itu diberi nama 1992 QB1 dan berjarak 7 Miliar mil dari bumi. Namun bukti itu tetap saja tak mengarah ke Nibiru.

Berdasarkan perhitungan kalender bangsa Maya, banyak yang mengaitkan hubungan nya dengan sistem tata surya bangsa Sumeria. Bangsa Sumeria sendiri tidak pernah berhubungan dengan bangsa Maya karena mereka adalah dua bangsa yang berbeda zaman dan wilayah. Bangsa Sumeria hidup di wilayah Irak dan hidup sekitar tahun 4000-an sebelum masehi. Sedangkan bangsa Maya hidup di wilayah amerika tengah pada tahun 150-900 Masehi. Pakar Mitologi lah yang berusaha mengaitkan keduanya =, khususnya setelah mereka berhasil mengungkap tanggal akhir zaman dalam sistem kalender maya. Kalender ini sendiri berakhir pada tanggal 21 Desember 2012, tak disebutkan mengapa kalender tersebut berakhir pada tanggal tersebut. Tapi yang jelas ketika tanggal ini diungkap, banyak pihak yang berusaha mengaitkan nya dengan akhir zaman atau kiamat. Mereka pun menebak peristiwa apa yang kira – kira menjadi penyebab. Berhubung bangsa Maya tak memiliki pandangan sejauh itu, para peminat mitologi itu pun langsung meminjam ramalan kiamat yang pernah dilontarkan oleh bangsa Sumeria sebelumnya

Karena kita sebagai manusia yang beradab dan beragama maka, tulisan tadi hanya dapat dijadikan wacana saja dan banyak – banyak lah beribadah dan berdoa kepada Allah SWT, karena sesungguh-Nya hanya DIA-lah yang Maha mengetahui lagi Maha pengampun dan pastinya kiamat atau hari akhir itu pasti terjadi dan makin dekat waktunya……..

28 thoughts on “Badai Matahari dan Kiamat 2012

  1. Tulisannya cukup membuat kita berfikir memahami makna keberadaan umat manusia di bumi ini oleh Tuhan YME adalah sebagai pemelihara dan bukan perusak atau pemusnah. marilah kita semua berusaha berbenah dan menata diri agar bumi ini lebih indah dan damai lagi bagi semua mahluk akrena cuma di bumi inilah beraneka kehidupan yang luar biasa indah bisa melanjutkan kehiudpan yang di berikan Dia.

    Mengenai tgl 12 Des 2012 kenapa bangsa Maya hitungan kalendernya berakhir tgk tersebut kalo nggak salah krn bangsa tersebut masih mamaki perhitungan sedrhana yang tidak bisa mengenal angka spt saat ini sehingga hitungan angka merka menotk di tgl 12 Des 2012 tersebut tapi maski begitu kita harus tetap waspada karena bencana ini akan selalu terjadi karena sifat permukaan bumi yang dinamis selalu berubah dan janagn lupa selalu tunduk dan taat kepada Tuhan YME.

    Begitu dulu komentar sy thx..

  2. Ya bener sekali, makanya tulisan ini hanya sebagai wacana saja. dan memang harusnya kita sendiri sadar bahwa bumi saat ini memang sudah “cukup” berumur dan banyak kerusakan yang dialami oleh bumi yang diakibatkan oleh kelakuan dari manusia sendiri….

    Dan sekali lagi, bahwa sesungguh nya perihal tentang hari akhir hanya yang Allah SWT saja yang Maha Tahu, sebagai manusia hanya dapat memprediksi hal yang akan terjadi

    Thx ats komen nya ^^

  3. teuing atuh ngan Allah SWT yang maha tahu. Kiamat??? Nabi ge teu di kasih tahu kapan hari tanggal sama tahunna. Bener teu

  4. banyk-banyk lah berdzikr

  5. oh………… betapa ngerinya
    besok yang akan terjadi
    besok itu

  6. @ All : terima kasih sudah membaca blog ini….sesungguhnya KIAMAT tiada yang mengetahui selain Yang Maha Kuasa, kita selaku umat manusia hanya dapat berdoa, 2012 hanyalah sebuah wacana saja dan tidak perlu dirisaukan….

  7. Hmm……..kalau begini kita harus banyaak berdoa dan berzikir semoga dunia dan alam kita tidak hancur,semua mumpung masih hidup ayo kita sholat 5 waktu agar kita bisa dilindungi amin 3x

  8. tonton film nya tonton filmnya tonton filmnya yuk😀

  9. Hahaha….uda nonton gw es, tadi malam ma anak – anak….pelem ternyata “DILUAR DUGAAN”😀

  10. hiiiii…………………………………………………………………………………………..menakutkan????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  11. @ Rosy : Tidak usah takut…..yang penting banyaklah berdoa dan beribadah,

  12. pumpung masih ada waktu mari kita bertaubat…………..
    banyak2 beramal, ingat harta tidak di bawa mati……….
    perbanyak ibadah ………………………………….

  13. @ Arfi : Yup bener banget………

  14. Kiamat hanya Allah-lah yang tahu sebagai umatNYa kita hanya bisa berdoa dan memohon perlindungan dari Allah.

  15. @ diph : hanya dengan berlindung kepada-NYA lah kita bisa terhindar dari bencana tersebut………

  16. Bguz artikelx mas !!!

  17. @ Adie : terima kasih udah mampir…..

  18. Jangan takut dg 2012
    Dg berdoa dan sholat
    Bisa saja badai matahari atau masalah nibiru itu di tiadakan
    Dan kta juga hrus menjaga bumi kita dan kurangi pencemaran
    Karena Allah slalu memperingati kita agar menjaga bumi dg adanya bencana alam
    Kta hanya menumpang di bumi sbg membayar nya kta perlu merawat bumi dan bnyak beribadah apa susah ny beribadah?

    Ingat kta tlah di pringati lwat isu tentang 2012 bahwa kita harus bnyak ber ibadah dan wajib melestarikan alam

  19. Mari kita semua Insafff Kawankawan🙂

  20. TOBAT LAH UY……………………..
    bentr lg qT ni3_ aQ pngN tObt, bnyk2 b’dOa y?????????? smoga be qT msuK suRga.. aMien_

  21. ya kembali saja ke AL-QUR’AN.
    Faman ya’mal mitsqoola darrotin, khoiron yaroohu. Waman ya’mal mitsqoola darrotin syarron yaroohu

    Nah ketika sesuatu apapun entah itu kiamat atau gempa bumi, tsunami dll menimpa kita, maka hanya amal sholeh kitalah yg akan menyelamatkan kita

  22. Mungkin inisaatnya kita untuk mengintrosveksi diri kita untuk menjadi insan yang lebih baik lagi meninggalkan kebiasaan kebiasaan buruk kita dan mulai belajar menghargai orang lain,alam dan bumi tempat kita berpijak saat ini yng memberikan kita kehidupan

  23. Inilah, rasa kasih sayangnya Alloh kepada kita, kita diberi pelajaran dengan tanda-tandanya,agar kita terus bertobat…………!!!!!!!

  24. subhanAllah, kuasa tuhan. perbanyak lah beribadah n berzikir pada allah.. =)

  25. yang saya cemaskan adalah , sistem pengaman dari reaktor nuklir yang kita tidak pernah tau, apakah semua silo tersebut dapat bertahan ketika efek statis dari badai sedang berlangsung.
    seperti cerita diatas;pada hari pertama saat mengorbit di ruang angkasa, satu dari tiga tangki cryogenic pencatu listrik tiba – tiba saja ngadat dan tekanan nya menjadi kacau.
    allahuahllam,

  26. berdoa aja wis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s